Saturday , November 18 2017
Home / Opini / e-Farming dan Potensi Besar Bisnis Benih Padi

e-Farming dan Potensi Besar Bisnis Benih Padi

e-farming

Kabupaten Pandeglang merupakan salahsatu lumbung pangan di Provinsi Banten, bersama dengan Kabupaten Lebak, Kabupaten ini diberi target produksi padi yang cukup tinggi, 500,000 ton pada tahun 2015 dan 700,000 ton pada tahun 2016. Konsekuensi dari target tersebut adalah perlunya penambahan indeks pertanaman di berbagai lokasi penanaman padi. Selain itu ketersediaan sarana prasarana baik infrastruktur pertanian seperti irigasi dan jalan usaha tani, maupun sarana produksi padi termasuk didalamnya adalah benih padi.
Perlu diketahui saat ini benih padi yang beredar di Kabupaten Pandeglang lebih banyak berasal dari luar Kabupaten Pandeglang dan jumlahnya sangat besar. Sebagai asumsi jika luas lahan sawah di Kabupaten Pandeglang (sesuai data BPS tahun 2015) adalah sebesar 54,739, dan dalam 1 hektar sawah membutuhkan 20 kg benih (metode SL-PTT) maka dalam 1 kali musim tanam padi kebutuha benih padi adalah 20 kg x 54,739 ha maka hasilnya adalah 1,094,780 kg atau 1,094 ton. Silahkan hitung berapa nominal rupiah jika harga benih misalnya Rp, 20,000 / kemasan 5 kg. Selanjutnya silahkan hitung lagi berapa nominal rupiah jika dalam 1 tahun petani melaksanakan penanaman padi dengan IP 2 atau 3 (menanam padi 2 kali atau 3 kali) dalam 1 tahun.
melihat potensi besar ini, maka sudah barang tentu bisnis benih padi sangatlah berpotensi. Kendati demikian, usaha dalam bidang ini bukan tanpa masalah, mengingat tingkat kompetisi yang tinggi dari perusahaan besar dan sudah lama eksis. Maka dalam konteks ini pembelaan pemerintah terhadap petani yang melaksanakan usaha perbenihan (penangkaran benih) perlu lebih intens.
Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang, dalam menjembatani kepentingan petani dan penangkar benih menciptakan suatu web aplikasi berbasis android yang biasa disebut e-Farming. Saat ini e-Farming masih tahap pengembangan dan semoga ke depan bisa benar-benar bermanfaat bagi petani dan khususnya bagi penangkar benih padi di Kabupaten Pandeglang

Ir. Wowon Dirman MM
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *