Tuesday , September 26 2017
Home / Berita / Bupati Minta Pandeglang Jadi Lumbung Pajale

Bupati Minta Pandeglang Jadi Lumbung Pajale

panen jagung, pertanian, pandeglang

Kabupaten Pandeglang merupakan wilayah yang cukup potensial untuk pengembangan komoditas tanaman pangan khususnya padi, jagung dan kedele. Sebagai wilayah pertanian terluas di Provinsi Banten, didukung dengan penyediaan sarana prasarana pertanian seperti alat mesin pertanian dan jaringan irigasi sumber dana APBD, DAK dan APBN, dan perhatian pemerintah yang fokus dalam pembangunan pertanian maka. cukup beralasan bila Bupati Pandeglang meminta Kabupaten diujung barat pulau jawa ini menjadi lumbung pangan untuk komoditas padi, jagung dan kedele (Pajale). Keinginan Bupati pandeglang tersebut disampaikan saat acara panen dan tanam jagung bersama di Kecamatan Angsana pada hari minggu (27/11/2016).

Sebenarnya keinginan bupati juga sejalan dengan program Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang. Kementerian pertanian bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang pada tahun 2016 telah menetapkan sasaran tanam seluas 4000 ha yang ditanam di lahan-lahan khusus, seperti lahan perhutani dan lahan perkebunan swasta yang tersebar di Kabupaten Pandeglang. Pencapaian target tersebut juga didukung dengan pemberian bantuan kepada kelompok tani berupa 15 kg benih jagung dan 75 kg NPK. selanjutnya Ir. Wowon Dirman, MM selaku Kadistanak Pandeglang juga optimis jika target tersebut akan tercapai.

Kemudian Wowon juga menyampaikan bahwa acara panen jagung di Kecamatan Angsana tersebut sebenarnya bukan merupakan bagian dari bantuan kementerian pertanian, melainkan  swadaya masyarakat seluas 2-3 ha dengan produksi 8.4 tpn/ha. Adapun untuk gerakan tanam di targetkan seluas 50 ha. Kegiatan gerakan tanam jagung dan panen bersama yang dihadiri oleh Bupati Pandeglang merupakan bentuk perhatian pemerintah dan  diharapkan dapat meningkatkan motivasi petani di Kecamatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati pandeglang selain menghadiri acara gerakan tanam dan panen jagung bersama juga mengunjungi beberapa kegiatan infrastruktur pertanian lainnya terutama kegiatan pembangunan jaringan irigasi yang kebetulan berada di Kecamatan Angsana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *