Saturday , November 18 2017
Home / Berita / Forum SKPD Distan: Upsus dan Infrastruktur Pertanian Masih Prioritas

Forum SKPD Distan: Upsus dan Infrastruktur Pertanian Masih Prioritas

forum SKPD, DInas Pertanian

Tahapan perencanaan pembangunan termasuk di dalamnya pembangunan sektor pertanian, mengharuskan adanya forum lintas instansi yang bertujuan untuk menyeleraskan program kerja antar level, baik Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Mengingat program dan kegiatan yang akan diselenggarakan secara langsung atau tidak melibatkan seluruh instasnsi antar level tersebut.

Manifestasi dari forum tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang dan SKPD lain di Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan Forum SKPD (Selasa 14 Maret 2017) yang dihadiri oleh undangan dari Kecamatan, UPT Dinas Pertanian, Dinas PU, dan Dinas Rumpun Hijau Lainnya. Adapun pembicara yang hadir diantaranya dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pandeglang, Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang dan Dinas Pertanian Provinsi Banten. Forum SKPD tahun ini dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pertanian Ir. Widyatmoko RP, MM yang fokus membahas Rencana Kerja Sektor Pertanian Tahun 2018.

Ir. Widyatmoko yang biasa dipanggil Widi ini mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya forum SKPD ini adalah untuk sinkronisasi pembangunan pertanian baik dengan provinsi, Bappeda Kabupaten Pandeglang, maupun lokasi pembangunan pertanian yakni di Desa dan Kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Widi juga menambahkan bahwa dengan diselenggarakannya forum tersebut tidak ada lagi salah komunikasi dan informasi antara instansi terutama antara Dinas Pertanian dengan kecamatan dan Desa.

Selanjutnya, berdasarkan pemaparan terutama dari Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, dan Dinas Pertanian Provinsi Banten sepakat bahwa fokus pembangunan tahun 2018 masih fokus pada Upaya Khusus komoditas Padi, Jagung dan Kedele serta Infrastruktur Pertanian terutama Irigasi Pertanian.

Forum kali ini juga diwarnai dengan beberapa pertanyaan yang secara riil harus ditindaklanjuti, sehingga sinkronisasi antar instansi bisa benar-benar meningkat impresinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *