Saturday , November 18 2017
Home / Berita / Ketua Tim Sergap Gabah kawal Serapan Gabah di Kabupaten Pandeglang

Ketua Tim Sergap Gabah kawal Serapan Gabah di Kabupaten Pandeglang

serap gabah

Pandeglang, Ketua Tim Serap Gabah Petani wilayah Jawa Barat, Brigjen TNI Dudung AR melaksanakan serap gabah petani di Kabupaten Pandeglang pada hari Rabu (5/10/2017).  Kegiatan Serap gabah secara simbolis diselenggarakan di Kampung Cipapais, Kelurahan Kadumerak Kecamatan Karangtanjung.

Ketua Tim Serap Gabah, Brigjen TNI Dudung Mengungkapkan, bahwa TNI selalu siap membantu Dinas Pertanian dan Pemerintah Daerah di Indonesia untuk mensukseskan program ketahanan pangan, baik melalui penambahan Luas Tambah Tanam, Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedele (Upsus Pajale) maupun serap gabah petani oleh bulog sebagai ujung tombak peningkatan kesejahteraan petani.

Program serap gabah petani merupakan upaya untuk meningkatkan motivasi petani dalam menambah luas tanam padi, serta mencegah terjadinya penumpukan produksi padi di tingkat petani dan dimanfaatkan oleh bulog diantaranya untuk program Beras Sejahtera (Rastra).

Kendati demikian, Ketua Tim Sergap Gabah mengingatkan jajarannya untuk tidak memaksa petani menjual gabahnya ke bulog, jika dirasa harganya tidak cocok. Beliau meminta bawahannya di Kabupaten Pandeglang untuk memberdayakan mitra bulog yang ada di Pandeglang agar terjadi win-win solution baik dari pihak petani, mitra, maupun TNI.  Hal ini perlu dilakukan mengingat TNI harus bersama rakyat dalam keadaan apapun, jangan sampai karena kegiatan sergap ini, petani menjauh dari TNI.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita, SE, MM dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PandeglangIr. Wowon Dirman yang turut hadir dalam kegiatan tersebut merasa berterimakasih atas kehadiran ketua tim Sergap Gabah di Kabupaten Pandeglang. Bupati menyadari betul bahwa program serap gabah petani merupakan program yang amat penting bagi peningkatan kesejahteraan petani di wilayahnya. Saking pentingya, Bupati perempuan pertama di Kabupaten Pandeglang rela me reschedule jadwal rapatnya demi mendampingi ketua tim sergap ke lokasi dilaksanakannya sergap gabah.

Acara sergap gabah ini diakhiri dengan ramah tamah antara ketua tim sergap, Bupati Pandeglang, dan Kepala Dinas beserta masyarakat di lokasi sergap gabah. Diakhir acara Bupati Irna memberikan arahan kepada kelompok tani agar sawah yang nantinya dipanen segera diolah dan ditanam kembali, agar pendapatan petani menjadi lebih baik. (aj*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *