Tuesday , September 26 2017
Home / Berita / Kunjungan Bupati Pandeglang: Dinas Pertanian Fokus Jagung

Kunjungan Bupati Pandeglang: Dinas Pertanian Fokus Jagung

Bupati pandeglang, Irna Narulita dalam kunjungan kerjanya ke Dinas Pertanian, Selasa (16/5/2017) meminta agar jajarannya di dinas tersebut fokus untuk pengembangan jagung sebagai konsekuensi ditutupnya keran impor jagung oleh Pemerintah Pusat serta memenuhi target nasional produksi jagung dalam RPJMN sebesar 23.4 juta ton.

Bupati Perempuan pertama di Kabupaten Pandeglang itu, meminta kepada seluruh jajaran Dinas Pertanian agar bekerja keras mencapai target pengembangan jagung dengan menempuh beberapa langkah strategis sebagai berikut:

Revitalisasi kelompok Tani
Revitalisasi kelompok tani dimaksudkan agar petani memiliki spirit dan tanggungjawab yang sama dengan ASN dalam pengembangan jagung. Selain itu, revitalisasi kelompok tani tidak akan berhasil tanpa didampingi oleh penyuluh pertanian dan penyuluh THL-TBPP di lapangan. Pada kesempatan itu Irna juga mengapresiasi kinerja THL-TBPP terutama yang belum diangkat menjadi ASN tapi terus bekerja di lapangan.

Optimalisasi lahan kering
Potensi lahan kering dipandeglang yang menurut Irna sekitar 150 ha, merupakan ladang pahala bagi seluruh aparatur dan komponen masyarakat pertanian lainnya untuk dioptimalkan, Irna meminta agar tidak ada lagi lahan tidur di Kabupaten Pandeglang yang tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, Irna meminta agar Dinas Pertanian segera menginventarisir bantuan Alsintan dan memfungsikan UPJA di lapangan agar lahan-lahan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin demi kesejahteraan masyarakat pandeglang.

Sinergi
Bupati menyadari bahwa pegembangan jagung tidak akan berhasil tanpa adanya sinergi dengan berbagai pihak, seperti BUMDES, Koperasi, investor bidang pertanian, pemerintah provinsi serta pemerintah pusat. Anggaran Kabupaten Pandeglang sangat terbatas oleh karena itu dukungan dari berbagai pihak terkait anggaran sangat diperlukan untuk suksesnya target jagung.

Sebagai penutup Irna mengingatkan agar seluruh jajarannya terutama di Dinas Pertanian agar berusaha tak kenal lelah untuk mencapai salah satu visinya yakni Agrobisnis. Dalam kunjungan kerja kali ini, Irna disambut oleh Kepala Dinas Pertanian beserta seluruh jajarannya mulai dari pejabat eselon 3 hingga TKK dan TKS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *