Tuesday , September 26 2017
Home / Berita / Dukung Swasembada Daging, Dinas Pertanian Gelar Pesta Patok

Dukung Swasembada Daging, Dinas Pertanian Gelar Pesta Patok

Upsus SIWAB, Pesta Patok
Dinas Pertanian Pandeglang, gelar acara pesta patok untuk mendukung program swasembada daging pemerintah di UPT Puskeswan Cibaliung, Kamis (24 /08).

 

Pandeglang, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang menggelar Pesta Patok di depan kantor UPT Puskeswan Cibaliung, Kamis (24/8).  Even yang baru pertama kali di gelar ini merupakan upaya pemerintah daerah mendukung target  program swasembada daging yang ditetapkan Kementerian Pertanian. Program tersebut lebih dikenal sebagai upaya khusus sapi indukan wajib bunting (UPSUS SIWAB).

Pesta patok merupakan lomba untuk memilih kerbau atau sapi lokal terbaik dalam beberapa kategori, yakni pejantan, indukan dan bakalan unggul. Kriteria penilaian di dasarkan pada aspek kualitatif seperti keharmonisan tubuh, dan kualitas warna kulit, serta aspek kuantitatif seperti tinggi dan berat sapi atau kerbau.

Peserta lomba merupakan peternak Sapi dan Kerbau di Kabupaten Pandeglang yang dinilai oleh juri yang berkompeten dibidangnya diantaranya dari BPTP Provinsi Banten.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita dalam sambutannya mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Dinas Pertanian. Bupati perempuan pertama di Pandeglang itu juga mengapresiasi kinerja juri  dan panitia yang mampu melaksanakan kegiatan dengan baik.

Irna menambahkan, kegiatan hari ini selain dapat meningkatkan motivasi petani dalam usaha ternak, juga dapat dijadikan sebagai momentum agar Pandeglang ke depan memiliki bibit, indukan dan pejantan ternak unggul dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Pandeglang merupakan daerah potensial untuk pengembangan sapi dan kerbau di Provinsi Banten. Tahun 2017 Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan menargetkan Kabupaten di ujung barat pulau jawa ini mampu melaksanakan Inseminasi Buatan untuk seribu ekor sapi dan kerbau dalam program SIWAB.

Acara yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Provinsi Banten itu, PJ Sekda, Kepala BKD dan Plt. Kepala Dinas Pertanian Pandeglang itu  juga di semarakan dengan puncak acara pemberantasan penyakit hewan, pasar tani, dan penyerahan voucher bantuan program pemerintah daerah kepada kelompok tani. (AJ)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *