Saturday , November 18 2017
Home / Berita / “Babacakan” Cara Efektif Bangun Kebersamaan di Tempat Kerja

“Babacakan” Cara Efektif Bangun Kebersamaan di Tempat Kerja

“Babacakan” Cara Efektif Bangun Kebersamaan di Tempat Kerja
Personil Dinas Pertanian, adakan kegiatan “babacakan” Selasan (9/26/2017) foto: Ara

 

Pandeglang, Pasca kegiatan Jalan Bersama yang dimotori oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pandeglang, Dinas Pertanian Pandeglang melaksanakan kegiatan yang mulai dirutinkan, yakni Babacakan atau makan bersama di Kantor Dinas Pertanian, Selasa (26/9/2017).

Babacakan, Bancakan, atau Cucurak (Bogor) merupakan bagian tak terpisahkan dari adat budaya sunda. Secara filosofis aktivitas memiliki nilai yang positif dalam membangun kebersamaan dalam sebuah tim yang solid di tempat kerja.

Kata “babacakan” (pandeglang), sejatinya berasal dari upaya menciptakan semangat gotongroyong dan kerukunan dalam bermasyarakat. Biasanya dilakukan setelah melakukan pekerjaan tertentu, seperti menanam, atau memanen padi, membangun rumah atau mensyukuri keberhasilan yang diraih oleh salahsatu warga.

Mengutip bukunya Frans Mardi Hartanto, yang berjudul “Paradigma Baru Manajemen Indonesia” terbitan Mizan, menyatakan bahwa  “keberhasilan manajemen dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas kehidupan kerja seringkali bukan ditentukan oleh latar belakang pendidikan, penguasaan ilmu pengetahuan sosial, melainkan kemahirannya untuk menjalin kerjasama yang akrab dan tulus dengan orang lain.”

Kutipan di atas, setidaknya menunjukan kepada kita bahwa membangun jejaring kerja, baik antar organisasi atau antar anggota dalam sebuah tempat kerja merupakan hal penting dan perlu dilakukan agar semua kegiatan berjalan dengan baik.

Berdasarkan hal itu, aktivitas “Babacakan” yang di inisiasi oleh Kepala Dinas Baru, sejatinya memiliki tujuan agar personil Dinas Pertanian di seluruh bidang dan sekretariat memiliki rasa kebersamaan yang inklusif sehingga tercipta suasana kerja yang kondusif.

Aktivitas sederhana dengan biaya murah ini diharapkan menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kerjasama, kinerja dan produktivitas kerja. (aj)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *