Saturday , November 18 2017
Home / Berita / Ini Alasan Bupati Irna Dukung Pandeglang Jadi Sentra Kedelai

Ini Alasan Bupati Irna Dukung Pandeglang Jadi Sentra Kedelai

 

Pandeglang – Bupati Pandeglang, Irna Narulita, SE., MM mendukung kebijakan Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk meningkatkan produksi kedelai dalam negeri. Irna juga siap jika Pandeglang nantinya menjadi sentra industri kedelai di Banten. Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Gerakan Tanam Serempak Pengembangan Kedelai di Desa Sukanagara, Kecamatan Carita, Jum’at (6/10/2017) pagi.

Orang nomor satu di Pandeglang itu, juga menyampaikan beberapa poin penting terkait dukungannya dalam pengembangan kedelai di Pandeglang. Pertama, sebagai daerah agraris kabupaten di ujung barat pulau jawa ini berpotensi menjadi lumbung pangan Banten sekaligus penyangga utama pasokan pangan untuk kota besar khususnya Jakarta.

Kedua, potensi lahan yang ada di kota santri ini cukup luas,  sawah, tegalan, huma dan lahan Perhutani  bisa dioptimalkan untuk pengembangan komoditas bahan baku utama tempe tersebut.

Ketiga, Kedelai merupakan komoditas strategis nasional dalam peningkatan kualitas gizi masyarakat. Sebagai sumber protein nabati, komoditas ini dapat meningkatkan kualitas pangan yang dikonsumsi masyarakat.

Namun demikian, Irna juga meminta berbagai pihak, baik Kementan, tim dan pendamping upsus, penyuluh serta petani untuk bekerja keras-bahu membahu- menyukseskan program kedelai di Pandeglang. Tanpa kerja keras sehebat apapun program yang diluncurkan, sulit untuk berhasil.

Kabupaten Pandeglang, mendapat alokasi pengembangan kedelai seluas 7,500 hektar dari jatah 15,000 hektar untuk Banten. Anggaran bersumber dari dana APBN Perubahan dan akan dilaksanakan di 34 kecamatan serta melibatkan 209 kelompok tani

Selain Irna, dalam kegiatan tanam serempak tersebut, hadir pula pihak dari Kementerian Pertanian yang diwakili oleh tim dari Direktorat Akabi, TP4 D Kajati Banten, Kepala BPTP Banten, Kadis Pertanian Banten, Kejari Pandeglang, Kadistan Pandeglang, Camat Carita, Penyuluh, dan penamping dari Untirta serta Gempita. (aj)

 

 

 

 

 

One comment

  1. 209 kelompok apa 217 kelompok? Mana yg benar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *