Saturday , November 18 2017
Home / Berita / Pesan Irna untuk Penyuluh, “Jaga Kekompakan.”

Pesan Irna untuk Penyuluh, “Jaga Kekompakan.”

Pesan Irna untuk Penyuluh, “Jaga Kekompakan.”
Bupati Pandeglang, saat menyampaikan sambutan dalam forum Latihan Kunjungan dan SUpervisi (Lakususi) di Baitul Hamdi, Menes (19/01) foto – Humas

 

Perhatian bupati Pandeglang untuk para penyuluh nampaknya tak main-main. Hampir disetiap forum pertanian, Istri dari Dimyati Natakusuma ini kerap menyinggung peran penting penyuluh dalam suksesnya program pertanian.

Tak ada yang meragukan, pasca terbitnya Undang-Undang Sistem Penyuluhan Perta (SP3K) Nomor 16 Tahun 2006, peran penyuluh memang menjadi semakin jelas dan strategis. Kehadirannya sebagai ujung tombak pemerintah yang berhadapan langsung dengan pelaku utama menuntut kemampuan ekstra, baik pengetahuan, emosi maupun kekuatan fisik.

Tuntutan pekerjaan nampaknya juga  kian hari tak kian surut. Malah sebaliknya, berbagai program terus meluncur untuk petani. Memaksa penyuluh dan aparat pertanian lainnya memeras keringat lebih, demi suksesnya Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedele, Upsus Siwab, Luas Tambah Tanam, Kartu Tani, Serapan Gabah hingga Brigade Alat Mesin Pertanian.

sementara, sebagai seorang penyuluh. Mereka juga tak bisa melupakan begitu saja peran dan fungsinya sebagai pegawai fungsional. Menyusun programa, rencana kerja, identifikasi potensi wilayah, pemetaan, penyebaran informasi dan inovasi dan pemberdayaan petani menjadi bagian rutin lainnya untuk perubahan petani ke arah yang lebih baik.

Kekurangan jumlah penyuluh di Pandeglang juga menjadi masalah lain – Idealnya satu penyuluh untuk satu desa. Kondisi ini memaksa beberapa penyuluh membina lebih daru satu desa. Jika satu desa terdiri dari 7 kelompok tani, maka dua desa seorang penyuluh harus mengunjungi 14 kelompok setiap minggunya.

Irna sepertinya sadar betul kondisi-kondisi tersebut. Tak heran di setiap kesempatan, termasuk dalam Forum Latihan Kunjungan dan Supervisi (Lakususi) yang digelar di Baitul Hamdi, Menes (19/10). Bupati Cantik ini untuk kesekian kalinya berpesan agar penyuluh selalu menjaga kekompakan, baik dengan rekan se profesi, aparat kecamatan dan desa, serta dengan Babinsa dan Komandan Rayon Militier (Danramil).

Masih dalam forum “Lakususi.” Irna – dihadapan Dirjen AKABI Kementerian Pertanian dan Kepala Cabang BRI – Meminta penyuluh untuk setia membina petani. Semua program pertanian yang diberikan ke Pandeglang, tak ada artinya tanpa penyuluh dan petani. (aj)

 

 

One comment

  1. Mantap, mari sukseskan pembangunan pertanian dalam pemberdayaan masyarakat oleh penyuluh dan pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *