Saturday , November 18 2017
Home / Berita / Meski Baru Belajar, Poktan ini Bisa Panen Jagung dengan Hasil Memuaskan

Meski Baru Belajar, Poktan ini Bisa Panen Jagung dengan Hasil Memuaskan

Meski Baru Belajar, Poktan ini Bisa Panen Jagung dengan Hasil Memuaskan
Kabid Sarpras dan Penyuluh Pertanian Kecamatan Pagelaran, menghadiri acara panen di Poktan Harapan Maju I, Desa Surakarta- Oagelaran (20/10) foto: Iwan

 

Pandeglang, Dinas Pertanian-  Experience is The Best Teacher, Istilah ini nampaknya pantas disematkan pada kelompok tani Harapan Maju I di Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Pandeglang. Pasalnya kelompok yang belum familiar dengan budidaya jagung ini berhasil panen dengan produksi yang lumayan.

Bagi Rusmana (ketua kelompok) serta anggota lainnya, keberhasilan budidaya jagung yang mereka kerjakan menjadi pengalaman yang baik. Ternyata – meski bantuan hanya benih dan pupuk – bila dikerjakan sungguh-sungguh hasilnya bisa memuaskan.

Poktan harapan Maju I, menanam jagung varietas Bioseed dengan luas lahan kurang lebih 5 hektar.

Kadis Pertanian, yang ikut menghadiri acara panen, meminta agar petani – termasuk Poktan Harapan Maju – tetap semangat agar tekad Pandeglang menjadi lumbung pangan di Banten bisa terwujud.  “Sesuatu yang dikelola dengan sungguh-sungguh akan  memberikan hasil maksimal” ucap Kadis.

Sementara Nasir selaku Kabid Tanaman Pangan, yang ikut mendampingi Kadis, meminta agar semua pihak mendukung program jagung yang telah disepakati bersama. “Bila semua stakeholder mendukung tentu produksi jagung akan lebih tinggi” tambahnya.

Nasir menambahkan, hal yang harus diantisipasi saat ini adalah panen di musim hujan. Kabid asal Aceh itu mengatakan bahwa Pandeglang butuh Dryer yang lebih banyak. Mengingat jagung yang telah dipanen, bila dibiarkan akan mengundang Aflatoksin yang merusak mutu hasil panen.

“Luas lahan tadah hujan kita saja hampir 33,000 ha, belum lahan terlantar, lahan kering dan huma serta lahan tidur lainnya, potensi ini belum dioptimalkan dengan baik” tutup nasir. (aj)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *