Saturday , November 18 2017
Home / Berita / Dukung Upsus SIWAB, Dinas Pertanian Tambah Akseptor Inseminasi Buatan di Ujung Pandeglang

Dukung Upsus SIWAB, Dinas Pertanian Tambah Akseptor Inseminasi Buatan di Ujung Pandeglang

Dukung Upsus SIWAB, Dinas Pertanian Tambah Akseptor Inseminasi Buatan di Ujung Pandeglang
Beberapa ternak di Kampung Cegog, Ranca Pinang, Cimanggu yang siap di IB. Foto : Rifat

 

Cimanggu, Pandeglang- Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) merupakan program Kementerian Pertanian  dalam upaya meningkatkan populasi dan produksi daging nasional.

Peningkatan populasi ternak serta produksi daging menjadi isu strategis, demi tercapainya kemandirian serta swasembada daging di Indonesia.

UPSUS SIWAB sejatinya tidak melulu untuk Sapi. Daerah yang memiliki potensi ternak kerbau juga bisa ikut ambil bagian dari program ini.

Beberapa daerah di Indonesia – termasuk Pandeglang  – lebih dominan mengkonsumsi daging kerbau dibanding Sapi.

Oleh karena itu, meski lebih sulit. Petugas Inseminasi Buatan (IB) Dinas Pertanian Pandeglang juga terus berupaya meningkatkan angka kelahiran ternak Kerbau melalui Inseminasi Buatan.

Budi S. Januardi, selaku Kadis Pertanian nampaknya sadar betul akan arti penting UPSUS SIWAB. Alumni peternakan Universitas Padjajaran ini dalam beberapa kesempatan terus mendorong Bidang Peternakan agar target UPSUS SIWAB di Pandeglang berhasil dengan baik.

Dorongan ini cukup beralasan, mengingat Peningkatan Produksi dan Populasi Ternak merupakan salasatu Indikator Kinerja Utama Dinas Pertanian yang harus dicapai di tahun 2017 ini.  Terlebih Bupati Pandeglang di tahun depan juga ingin Pandeglang dapat menyelenggarakan panen raya Pedet (anak sapi) dan Eneng (anak kerbau).

Bidang Peternakan rupanya tak mau tinggal diam. Terbaru, dimotori Kepala Seksi Produksi Peternakan, Wahyu Widayati, SP dan petugas IB telah menjaring akseptor baru untuk ternak kerbau di wilayah kecamatan Cimanggu, tanggal (25/10) lalu.

Tak tanggung-tanggung, akseptor itu berada di salahsatu ujung pandeglang . Tepatnya di Kampung Cegog, Desa Ranca Pinang Kecamatan Cimanggu. Di wilayah yang berbatasan langsung dengan selat sunda itu Bidang Peternakan berhasil menjaring 50 akseptor IB untuk ternak Kerbau.

Berdasarkan data Pandeglang Dalam Angka Tahun 2017, Populasi Kerbau di Kecamatan Cimanggu menyumbang 5% dari total populasi kerbau di Kabupaten Pandeglang.

Peningkatan populasi dan produksi ternak berbasis kawasan – termasuk di Cimanggu –  merupakan salahsatu strategi yang diterapkan oleh Dinas Pertanian Pandeglang. Tahun ini, dalam upaya mempertajam kebijakan di bidang peternakan, OPD Tipe A di Pandeglang ini tengah menyusun kajian perwilayahan peternakan. (MR)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *