Saturday , November 18 2017
Home / Berita / Ini Langkah Dinas Pertanian Lindungi Varietas Hortikultura Unggul Asli Pandeglang

Ini Langkah Dinas Pertanian Lindungi Varietas Hortikultura Unggul Asli Pandeglang

Ini Langkah Dinas Pertanian Lindungi Varietas Hortikultura Unggul Asli Pandeglang
Kunjungan BPTP dan BPSB Provinsi Banten di ruang Bidang Hortikultura membahas langkah perlindungan komoditas unggul melalui pendaftaran varietas ke Kementerian Pertanian. Foto: Rully

 

Perlindungan komoditas unggul lokal hortikultura perlu dilakukan untuk mengamankan potensi plasma nutfah yang melimpah di Kabupaten Pandeglang.

Komoditas seperti, Jengkol, Petai, Durian, Salak dan Manggis yang notabene memiliki kekhasan di Pandeglang perlu dilestarikan dan dikembangkan agar benar-benar menjadi ikon Kabupaten yang bervisi agribisnis itu.

Salak misalnya, Kota Santri itu ternyata memiliki salahsatu buah bersisik ini dengan ciri khas yang unik dan dikenal dengan nama Salak Birus.

Baca juga:  Salak Birus, Si Mungil nan Manis dari Ujung Barat Pulau Jawa

Meski saat ini masih dikembangkan dalam luasan terbatas, Rasanya yang nyaris sama dengan Salak Pondoh membuat buah mungil bersisik ini berpotensi besar menjadi kebanggan “Urang Pandeglang.”

Petai dan Jengkol juga menjadi komoditas berikutnya yang berpotensi menjadi ikon Pandeglang. Jengkol kini menjadi komoditas elit dengan harga selangit.  Sementara rasa Petai Pandeglang yang spesial, dipastikan bakal menggoda lidah pencintanya.

Durian dan Manggis, yang sudah dikenal sebagai tanaman khas dari Pandeglang juga

Menyadari hal itu, baik Kepala Dinas Pertanian H. Budi Januardi, S.PT, MM serta Kepala Bidang Hortikultura, Ir. Hj. Heni Supiani, MM berupaya mejaga agar potensi unggulan Pandeglang itu terdaftar di Kementerian Pertanian dan bisa klaim sebagai varietas unggul asli Pandeglang.

Langkah yang harus ditempuh memang tidak mudah. Beberapa proses harus dilewati. Mulai dari identifikasi pohon induk, karakterisasi tanaman, penyusunan dokumen yang ditandatangani Bupati Pandeglang serta pendaftaran ke Kementerian Pertanian menjadi prosedur penting yang tidak boleh dilewati salahsatunya.

Kunjungan BPTP dan BPSB Provinsi Banten ke Dinas Pertanian, Rabu (1/11), menjadi salahsatu bagian dari Proses itu. Kunjungan ini membicarakan tentang identifikasi potensi komoditas hortikultura di Kabupaten Pandeglang yang akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian.

Berikut Daftar Calon Varietas dari Tanaman Hortikultura yang diusulkan ke Kementerian Pertanian diantaranya:

Varietas Durian:

Kecamatan cadasari: Varietas  ketan jaya, si bintang, si kucing, si baranjang, si onder, si top 1, si kapal, si buaya, potret si bujal dan si wong.

Kecamatan Majasari: Si Jabrig, si Ceer, si cayur, dan sipedang

Kecamatan Jiput: varietas si Bening dan Siroti

Sementara untuk Salak Jengkol dan petani adalah sebagi berikut:

Salak Birus Kecamatan Panimbang

Jengkol Kecamatan Majasari

Petai Kecamatan Majasari

Tahapan berikutnya akan dilakukan di Bulan Januari, untuk dilakukan pengamatan buah dan pendaftaran ke Kementerian Pertanian (Aj).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *