Thursday , November 23 2017
Home / Bidang / Sekretariat

Sekretariat

SEKRETARIAT

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan. Sekretariat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengelolaan keuangan, urusan umum dan kepegawaian serta penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan. Sekretariat dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi urusan kesekretariatan dengan rincian tugas sebagai berikut:

  1. penyelenggaraan penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  2. penyelenggaraan pengelolaan administrasi perkantoran, administrasi keuangan dan administrasi kepegawaian;
  3. penyelenggaraan urusan umum dan perlengkapan, keprotokolan dan hubungan masyarakat;
  4. penyelenggaraan ketatalaksanaan, kearsipan dan perpustakaan;
  5. pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan unit kerja;
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Sekretaris Dinas dibantu oleh tiga orang Kepala Sub Bagian yakni: Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan. Rincian tugas pokok, fungsi dan rincian tugas ketiga sub bagian tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Tugas Pokok :

Melaksanakan pengelolaan surat menyurat, kearsipan, administrasi kepegawaian dan perlengkapan serta tugas-tugas kerumah tanggaan.

Fungsi :

  • Menyelenggarakan urusan umum.
  • Menyelenggarakan urusan surat menyurat.
  • Menyelenggarakan urusan kerumah tanggaan.
  • Menyelenggarakan urusan logistik dan perlengkapan.
  • Menyelenggarakan urusan pemeliharaan gedung dan inventaris kantor.
  • Menyelenggarakan penyiapan bahan, rencana mutasi, disiplin dan pengembangan karir pegawai.
  • Menyelenggarakan penyiapan bahan penyusunan pedoman kerja dan ketata laksanaan.
  • Menyelenggarakan pengelolaan administrasi dan dokumen kepegawaian.
  • Menyelenggarakan fungsi lain sesuai bidang tugasnya.

Rincian Tugas :

  • Menyusun rencana kerja sub.bag. umum dan kepegawaian sebagai pedoman kegiatan tugas.
  • Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan kepegawaian kepada bawahan.
  • Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karir.
  • Memberikan teguran secara lisan dan tulisan kepada para pegawai yang tidak disiplin.
  • Memberikan pelayanan administratif, kerumah tanggaan, surat menyurat, kearsipan dan keprotokolan.
  • Memberikan pelayanan administratif kepegawaian.
  • Memaraf atau menandatangani sesuai dengan kewenangannya.
  • Menolak dan menandatangani DP.3 bawahan.
  • Membuat laporan kegiatan kepada Kepala Bagian Tata Usaha.
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai petunjuk atasan.

 

  1. Sub Bagian Keuangan

Tugas Pokok : Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan.

Fungsi :

  • Menyelaenggarakan penyusunan rencana kegiatan pengelolaan administrasi keuangan dinas;
  • Menyelaenggarakan pelaksanaan pengelolaan administrasi keuangan dinas;
  • Menyelaenggarakan pelaksanaan pengawasan dan evaluasi dalam pengelolaan administrasi keuangan dinas.

Rincian Tugas :

  • melaksanakan kegiatan perbendaharaan, verifikasi dan pembukuan keuangan anggaran belanja langsung dan belanja tidak langsung;
  • melaksanakan penyusunan laporan realisasi keuangan;
  • melaksanakan penyusunan laporan keuangan semesteran;
  • melaksanakan penyusunan laporan keuangan akhir tahun;
  • melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan dalam pengelolaan keuangan;
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

  1. Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

Tugas Pokok :

Melaksanakan dan menyusun perencanaan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Dinas.

Fungsi :

  • Melaksanaan penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan dinas;
  • Melaksanaan penyusunan rencana kerja dan anggaran serta dokumen pelaksanaan anggaran;
  • Melaksanaan pengawasan dan evaluasi kegiatan perencanaan, evaluasi dan pelaporan.

Rincian Tugas :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana strategis dinas;
  • mengumpulkan bahan-bahan dalam penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan dinas;
  • melaksanakan pengolahan data dalam penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan tahunan dinas;
  • mengkompilasi hasil penyusunan rencana kerja dan anggaran dari masing-masing unit kerja;
  • menyusun dokumen pelaksanaan anggaran masing-masing unit kerja;
  • menyusun laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja dinas;
  • melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan kegiatan perencanaan;
  • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.