Tuesday , September 26 2017
Home / Menu Utama / Tugas dan Fungsi

Tugas dan Fungsi

Tugas, fungsi dan struktur organisasi Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 2 Tahun 2014, tentang Pembentukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Pandeglang, serta Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2014 tentang Rincian Tugas Fungsi dan Tata Kerja Dinas Daerah adalah sebagai berikut:

  1. Dinas Pertanian dan Peternakan merupakan unsur pelaksana otonomi daerah, dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  2. Dinas Pertanian dan Peternakan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di Pertanian dan Peternakan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.
  3. Dinas Pertanian dan Peternakan dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai berikut:
  4. Penyusunan perencanaan bidang Pertanian dan Peternakan;
  5. Perumusan kebijakan teknis bidang Pertanian dan Peternakan;
  6. Pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang Pertanian dan Peternakan;
  7. Pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang Pertanian dan Peternakan;
  8. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan Dinas Pertanian dan Peternakan;
  9. Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian dan Peternakan;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Selanjutnya, untuk membantu penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang, Pimpinan SKPD dalam hal ini Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang dibantu oleh sekretaris dinas yang bertanggung jawab terhadap tugas kesekretariatan serta beberapa Kepala Bidang yang melaksanakan tugas fungsi sesuai peraturan yang berlaku.